itfuel pump ?
Apakah ada cara merawat fuel
pump alias pompa bensin?
Pertanyaan ini sering sekali
terlontar dari para pemilik mobil injeksi.
Karena semenjak tahun
2011 (semenjak kasus pompa
bensin Toyota Limo merebak), banyak sekali pompa bensin yang
seringkali bermasalah.
Apakah karena pompa bensin yang mudah rusak atau karena kualitas bensin
yang memang buruk ?
Secara konstruksi, mobil injeksi memang berbeda jauh dengan karburator.
Jika sebelumnya mobil masih
mengandalkan pengabutan
sederhana di dalam karburator,
maka pada sistem injeksi lebih canggih karena melibatkan penyemprotan bertekanan tinggi pada injektor.
Pada pola penyemprotan mesin injeksi, kerja injektor bensin diatur sepenuhnya oleh ECU (komputer) . Komputer mesin akan menghitung kebutuhan bensin berdasarkan putaran mesin dan bukaan gas.
Untuk menunjang
hal ini, ada nilai konstan yang harus dijaga, yaitu tekanan pada suplai bahan bakar.
Tekanan ini disediakan oleh high pressure fuel pump ditangki bensin.
Hal ini sangat berbeda dengan model pompa membran atau pompa elektrik pada karburator
yang masih bertipe low pressure sedangkan fuel pump atau pompa bensin mesin injeksi bertekanan
tinggi.
Lantas, pada mobil modern,
pompa ini terletak di dalam tangki dan terendam bensin dan menyatu dengan filter bensin.
Perlu diperhatikan pada bagian bawah fuel pump selalu ada saringan kecil.
misal pada beberapa
mobil Toyota tahun 1990an hingga 2000 awal, filter bensin mobil tidak
menyatu dengan fuel pump tetapi terpisah jauh, letaknya berada di bawah kap mesin.
Biasanya berbentuk silinder dan berwarna hitam.so ?
yuk kita saling berbagi pengetahuan, siapa tahu saya perlu ada koreksi.
thanks dah mampir diblog saya.
email kami di pesanan ataupun konsul atau masukan :
sbsauto8@gmail.com
No comments:
Post a Comment